Tips Membersihkan Wajah Untuk Kulit Sensitif

Seringkali seseorang mengeluh, “Kulit saya sensitif,” faktanya semua jenis kulit tidak bisa menghindar dari faktor stress external. Yang membedakan adalah kemampuannya dalam beregenerasi.
Kulit memiliki keelastisitasan yang akan mengembalikannya ke kondisi semula, yang berarti kulit memiliki daya regenerasi untuk memperbaiki diri saat terjadi gangguan misalnya stress. Namun sayangnya kebanyakan orang tidak menyadari kemampuan yang dimiliki oleh kulit, dan mencoba cara-cara yang tidak natural seperti menggunakan berbagai macam kosmetika, membasuh muka hingga dua atau tiga kali, dan terobsesi dengan kosmetik yang memberi instan hingga yang ektrim dengan operasi plastik. Langkah tidak alami tersebut justru akan melemahkan daya regenerasi kulit seseorang.
Untuk mengurangi stress pada kulit dan meningkatkan daya regenarasi kulit, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah membasuh muka dengan cara yang benar. Hal ini karena membersihkan muka tidak hanya perihal membersihkan make-up, tetapi juga mengontrol kadar minyak dan kelembaban kulit.
Membasuh muka sekali lagi atau berulang kali agar kulit benar-benar bersih?
Sebagian orang seringkali masih merasa kurang bersih jika hanya membersihkan muka satu kali, dan akhirnya membasuh muka kembali kembali dengan lebih halus. Tanpa disadari saat kita membasuh muka untuk kedua kalinya, beberapa elemen dari sabun wajah yang digunakan justru akan merusak keseimbangan PH wajah, terutama bagian kulit yang memiliki sifat basa.
Semakin lama membasuh muka akan semakin baik?
Membasuh muka sebaiknya dilakukan selama satu atau dua menit. Apabila lebih dari itu, justru akan mengikis lapisan kulit.
Setelah membasuh kulit, cukup dengan menepukkan tangan kewajah untuk mengeringkan wajah daripada dengan menggunakan handuk?
Setelah membasuh wajah, seharusnya Anda mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk. Sesudah membasuh wajah, wajah baru saja memperoleh kelembaban, dengan menggunakan handuk akan menjaga kelembaban supaya tidak menguap.
Saat pagi hari, cukup membersihkan wajah dengan air?
Saat membasuh muka di pagi hari, tujuan utamanya adalah untuk mengangkat minyak dan kotoran yang terakumulasi di malam hari. Memang benar membersihkan muka di pagi hari tidak perlu terlalu intense seperti sore hari atau usai beraktivitas seharian, namun membersihkan wajah hanya dengan air juga bukan cara yang efektif. Lebih baik tetap gunakan sabun wajah namun tidak terlalu banyak.
Membasuh muka secara lembut karena tidak menggunakan make-up?
Bagi Anda yang mungkin tidak menggunakan make-up selama beraktivitas seharian, bukan berarti Anda tidak perlu secara intense membersihkan wajah, justru sebaliknya. Dengan tidak menggunakan make-up wajah Anda akan lebih mudah terkena debu dan element-element berbahaya lain dari udara. Apabila element-element asing tersebut tetap menempel pada wajah, maka akan menyebabkan kulit bermasalah, apalagi kotoran pada wajah bercampur dengan keringat dan sebum.
Membersihkan wajah dengan beberapa langkah?
Membersihkan wajah dengan beberapa langkah dan menggunakan berbagai produk cleansing yang berbeda, justru akan membuat kulit kering dan iritasi. Cara sehat untuk membersihkan wajah adalah dengan menyederhanakan langkah dan memperpendek waktu membersihkan. Apalagi sekarang sudah banyak tersedia produk pembersih multi-functional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar