SEJARAH SHIMANO

Siapa sih dikalangan dunia persepedahan ataupun dunia mancing mania yang gak kenal dengan brand shimano. pastinya semua pada angguk kepala dech yakin banget denger nama shimano dipastikan pikiran kita jauh dan langsung melayang ke dunia part untuk memuaskan hasrat dah hobby pesepada dan mancing mania, ada banyak pilihan untuk memuaskan keinginan Upgrade dari para hobbiest tersebut. Tapi mungkin sedikit tau tentang sejarah dari shimano itu sendiri, nah disini saya coba mengangkat cerita tentang asal usul dari brand shimano yang terkenal itu, sifatnya share yah kalopun ada koreksi dari rekan yang membaca akan saya tampung untuk dikoreksi ataupun ditambakan artikelnya.
Cerita mengenai shimano ini memaksa kita semua harus kembali ke tahun 1921, Titik balik tahun dimana di dirikannya Shimano Iron Works Kota di Sakai, dekat Osaka oleh Shimano Shozaburo. Kota ini merupakan pusat pembuatan yang sangat legendaris dan terkenal dengan produk pedang dan pistol barelnya. Alih-alih mengikuti ayahnya ke pertanian, Shozaburo telah magang bekerja di sebuah pabrik besi setelah lulus sekolah menengah. Kemudian, ia memulai membuat perusahaannya sendiri, dan produk pertama yang dibuat adalah single-speed freewheel untuk sepeda. Dalam sepuluh tahun, Shimano telah mengekspor produknya sampai ke Cina. Bisnis ini didirikan Resmi sebagai perusahaan terbatas dan komersil pada Januari 1940 di bawah nama Shimano Iron Works Co, Ltd dan Pada 1951 perusahaan ini berganti nama menjadi Shimano Industrial Co, Ltd.
Shimano mulai membuat Derailleurs yang terkenal pada tahun 1956. produk ini juga disebut sebagai pengubah kecepatan eksternal.Derailleur adalah mekanisme yang memindahkan rantai sepeda dari roda gigi pada gigi pada sepeda yang memiliki sampai dengan 10 kecepatan ataupun sejenisnya. Tahun berikutnya, perusahaan ini mulai memproduksi internal gearing 3 kecepatan, merupakan mekanisme yang ditutupi dalam pusat roda belakang. Pengubah kecepatan internal ini diperkenalkan ke pasar AS beberapa tahun kemudian dan segera menjadi standar untuk tiga kecepatan sepeda. Pada tahun 1960, Shimano memasang dan menempa dengan semangat kuat dan kerja keras agar memungkinkan produk-produk yang dihasilkan bisa lebih efisien.
Shimano Shozaburo akhirnya berubah alih manajemen bisnis untuk ketiga putranya. Meskipun perusahaan membuat rem dan komponen lain, Shimano menolak untuk memproduksi sepeda lengkap. “Pendiri kami berkata, tidak pernahbisa bersaing dengan pelanggan” komentar salah seorang putra Shimano kepadaStraits Times ( Shimano Amerika Corporation, didirikan pada Januari 1965 ). Sampai dengan sekarang Shimano hanya memproduksi Part sepeda dengan berbagai tingkatan dan teknologi sesuai dengan peruntukannya.
SEKILAS PANDANG SHIMANO Inc
Shimano, Inc adalah sebuah produsen multinasional Jepang yang memproduksi komponen bersepeda, memancing, dan peralatan snowboarding.
Pada tahun 2005, perusahaan ini telah memperoleh penjualan bersih US $ 1,4 miliar. Dengan Komponen sepeda memperoleh keuntungan 75% dari total penjualan. Memancing menghasilkan 23% dari pendapatan penjualan perusahaan, sedangkan produk lain-termasuk peralatan dan bagian snowboarding yang diproduksi hanya berkontribusi sekitar 2% dari total keuntungan penjualan. Shimano juga memproduksi peralatan golf sampai 2005, akan tetapi karena keuntungan yang diperoleh tidak signifikan, maka Shimano untuk peralatan Golf ditutup. Shimano berkantor pusat di Sakai, Jepang, perusahaan ini memiliki 32 anak perusahaan terkonsolidasi dan 11 anak perusahaan terkonsolidasi. Pabrik utamanya adalah di Kunshan, Cina, Malaysia, dan Singapura, sementara penjualan di Eropa (41% dari total penjualan) dan Amerika Utara (17%).
3-77 Oimatsu-cho Sakai, Osaka 590-8577 Jepang Telepon: (81) 72-223-3210 Toll Free: (800) 833-5540 Fax: (81) 72-223-3258
Web site: http://corporate . shimano.com /
Public Company Incorporated: Didirikan Pada tahun 1940 sebagai Shimano Iron Works Co, Ltd. Total Karyawan: 5.500, keuntungan Penjualan: 143.65 miliar Yen (2003) Bursa Efek: Tokyo Ticker Symbol: 7.309 NAIC: 336.991 sepeda motor, sepeda, dan Parts Manufacturing.
HIRARKI SHIMANO FOR MTB  GROUPSET
Mountain Bike Groupset
Groupsets sepeda gunung saat ini meliputi komponen dari tipe dan jenis sepedanya, antara lain sebagai berikut :
XC ( Cross Country ) dan AM ( All Mountain )
* XTR (9 speed) – Top of the range untuk Cross Country Mountain Bike
* Deore XT (9 speed)
* SLX (9 speed) Baru pada tahun 2008, menggantikan Shimano Hone dan LX
* Deore (9 speed) tingkat Entry Cross Country Mountain Bike
Downhill / Freeride komponen
* Saint (9 speed) – Top of the range untuk menuruni bukit dan Freeride sepeda, dan banyak Juga untuk komponen ini teknologinya berdasarkan dari pada groupset XT
* Hone (9 speed) – dihentikan pada tahun 2008, digantikan dengan SLX
Komponen Entry level sepeda gunung
* Alivio (8 speed)
* Acera (8 speed)
* Altus (8 speed)
* Tourney (7 speed) – Level terbawah dari Hirarki Groupset shimano, dan Mudah ditemukan di toko sepeda.
Dan berikut ini adalah penjelasan singkatnya secara harfiah ( lebih jelas tapi simple ) untuk groupset yang telah dijelaskan diatas.
TOURNEY
Groupset termurah dari shimano, cocok untuk sepeda santai, multipurpose bike dan sepeda anak-anak.
Shifter mempunyai tiga pilihan sistem : revoshift, EZ-fire dan thumb shifter model, dengan 5,6 dan 7 speed drive trains.
ALTUS
Cocok untuk MTB-style fun bikers dan pemula yang gemar berekreasi dengan bersepeda.
Shifter menggunakan sistem index 7-speed dengan visual gear display.
Altus berfungsi dengan baik dalam pengoperasian tetapi tidak cukup kuat untuk penggunaan di medan offroad.
ACERA
Hampir berada satu level dengan Altus,Lebih ringan dari Altus dengan 8- speed drive trains.
Para fun bikers dapat merasakan performance mountain bike yang sebenarnya dengan groupset ini.
ALIVIO
Kita memasuki area yang lebih serius sekarang, Alivio dapat di gunakan untuk medan off-road ringan sampai pada medan offroad yang agak berat.
Shifter dengan sistem rapidfire 8-speed drive trains, dengan kecanggihan teknologi shimano yang menjadikan groupset ini trend-setting group untuk recreational mountain bike.
DEORE
Mid level mountain bikes groupset untuk sport-performance rider. Cocok untuk para pemula (beginner racer) yang ingin mencoba kemampuannya di arena XC racing.
Shifter menggunakan sistem rapidfire shifting mega 9-drivetrain, 4-arm hollowtech crankset, V-brakes dan hydraulic atau mechanical disc brakes.
SLX
High performance groupsets, dengan sentuhan teknologi paling muktahir shimano, mega 9-drivetrain, pararel push v-brakes, hollowtech cranckset dan oversize splined axle bottom bracket.
Groupsets ini cocok untuk free riding bahkan untuk bertarung di cross country racing.
XT
XT melambangkan kekuatan dari groupset offroad, sekeras apapun medan offroad yang anda hadapi komponen ini dapat di andalkan kemampuannya.
Mega 9-drivetrain, hollowtech crank dan hydraulic disc brake adalah sebagian dari teknologi muktahir XT.
Groupset ini cocok untuk XC racing dan bagi para hardcore rider yang gemar bersepeda di medan-medan offroad yang menantang.
XTR
Dibuat dari steels, alloys bahkan titanium yang berkualitas tinggi, menjadikan groupset ini sangat ringan,kuat dan sangat presisi dalam pengoperasiannya.
Dirancang untuk offroad racing bagi para profesional racers dan penggemar MTB yang menginginkan kemampuan terbaik dari sebuah komponen offroad.
Bila anda menginginkan groupsets yang handal dan mahal XTR salah satu pilihannya.
OTHERS SHIMANO GROUPSET
Selain Groupsets yang telah disebutkan diatas, ada juga groupset lain produk dari shimano antara lain:
* Capreo – Groupset ini adalah dirancang untuk groupset sepeda dengan dimensi diameter roda kecil seperti folding bike, tetapi menggunakan sprocket dengan 9 speed
* Nexave – groupset ini terdiri dari beberapa sub-groupsets dan di desain untuk kenyamanan dan Komuter sepeda, terutama untuk beberapa fitur internal yang terdapat pada hub roda gigi dan roller rem.
* DXR – High Performance Groupset yang dibuat untuk sepeda balap tipe BMX
DISCONTINUED SHIMANO GROUPSET
* DX – Tipe ini sering disebut kembarannya atau identik dengan LX, hanya beda di warna
* STX-RC – Mountain bike groupset – tersedia selama pertengahan 1990-an dan performancenya setara dengan Shimano Deore
* STX – Mountain bike groupset – Performancenya ada diantara STX-RC dan Alivio. Termasuk dalam kategori Limited edition for groupset, diproduksi sekitar pertengahan tahun 1990-an.
* Deore II – Mountain bike groupset – Berada diatas satu Tingkat dari tipe LX, dibuat secara limited edition dari tahun 1989



Tidak ada komentar:

Posting Komentar