Saudi Buat Peraturan Wanita Saudi Bermata Cantik Wajib Ditutupi

cadar


JEDDAH: Saudi keluarkan peraturan baru yang akan memaksa wanita Saudi yang memiliki mata menarik untuk menutup matanya dengan kain.

Koran The Daily Mail melaporkan negara Islam konservatif itu mengatakan pihaknya memiliki hak untuk menyekat wanita dari menunjukan matanya yang cantik dan memukau.

Rekomendasi itu dibuat setelah seorang anggota komite Amar Makruf Nahi Mungkar Arab Saudi terpikat dengan mata seorang wanita ketika berjalan di kaki lima dan mengakibatkan cekcok.

Laporan situs berita Bikya Masr melaporkan, Juru bicara Komite Amar Makruf Nahi Mungkar Arab Saudi, Sheikh Motlab al Nabet, mengatakan saran melaksanakan hukum itu akan dilaksanakan secepat mungkin.

Wanita Arab Saudi sejak lama memakai jubah hitam atau abaya yang menutup rambut dan badan dan di beberapa wilayah menutup muka di depan umum.

Jika mereka tidak melakukannya, mereka menghadapi hukuman termasuk denda dan cambuk.

Satu laporan dalam situs berita Bikya Masr memberitahu saran itu dibuat setelah seorang anggota komite tersebut terpikat dengan mata seorang wanita yang sedang berjalan dengan suaminya ketika di kaki lima dan mengakibatkan cekcok yang berakhir dengan ditikam dua kali setelah terjadi perselisihan.

Komite Amar Makruf Nahi Mungkar beberapa kali didakwa telah melanggar HAM. Komite yang didirikan pada 1940, bekerja untuk memastikan hukum Islam tidak disalahgunakan di Arab Saudi.
(Ag/Bh)









Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar